Budaya lokal dan Modernisasi

Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budi daya masyarakat suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu. Budaya lokal dapat berupa hasil seni, tradisi, pola pikir, atau hukum adat.Yang artinya budaya lokal adalah kebudayaan yang dimiliki dan di akui oleh masyarakat suku bangsa setempat.

Bentuk lain dari budaya lokal adalah tarian tradisional. Tarian tradisional di Indonesia awalnya dipertunjukkan untuk peristiwa tertentu seperti panen, kelahiran, pemakaman, dan pernikahan. Saat ini tradisi tersebut ada yang mengalami pergeseran, tarian dipertunjukkan untuk acara komersial. Namun demikian, hal tersebut dapat menjadi salah satu sarana untuk melestarikan budaya lokal, bahkan untuk memperkenalkan budaya lokal ke tingkat yang lebih halus.

Mitos juga merupakan bentuk budaya lokal,mitos adalah suatu cerita suci berupa simbol yang mengisahkan peristiwa nyata mengenai perubahan alam dan usul jagat raya,dewa-dewi atau kepahlawanan seseorang.

Contoh budaya lokal antara lain :

1.Suku sunda,diantara banyak kebudayaan daerah suku sunda antara lain adalah

-Pakaian adat khas Jawa Barat,suku sunda memiliki baju yang sangat khas yaitu kebaya,sehingga sekarang kebaya bukan menjadi khas jawa barat saja melainkan sudah menjadi pakaian adat nasional.

2.Kesenian khas Jawa Barat antara lain ada jaipong,wayang golek,Degung,dan masih banyak yang lainnya

Ciri budaya lokal

Ciri-ciri budaya lokal dapat dikenali dalam bentuk kelembagaan sosial yang dimiliki oleh suatu suku bangsa. Kelembagaan sosial adalah ikatan sosial bersama di antara anggota masyarakat yang mengoordinasikan tindakan sosial bersama antara anggota masyarakat dimiliki.Bentuk kelembagaan sosial tersebut dapat dijumpai dalam sistem gotong royong. Gotong royong merupakan ikatan hubungan tolong-menolong di antara masyarakat desa. Di daerah pedesaan pola hubungan gotong royong dapat terwujud dalam banyak aspek kehidupan. Kerja bakti, bersih desa, dan panen bersama merupakan beberapa contoh dari aktivitas gotong royong yang sampai sekarang masih dapat ditemukan di daerah pedesaan.

Seiring perkembangannya zaman dan berjalannya waktu munculah modernisasi

Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Biasanya bentuk modernisasi sudah terarah dan terencana. Di Indonesia, bentuk-bentuk modernisasi banyak kita jumpai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik dari segi pertanian, industri, perdagangan, maupun sosial budaya. Salah satu bentuk modernisasi di bidang pertanian adalah dengan adanya teknik-teknik pengolahan lahan yang baru dengan menggunakan mesin-mesin, pupuk dan obat-obatan, pemanenan serta penanganannya, dan lain sebagainya. Semua itu merupakan hasil dari adanya modernisasi. Berbagai bidang tersebut dapat berkembang melalui serangkaian proses yang panjang sehingga mencapai pola-pola perilaku baru yang berwujud pada kehidupan masyarakat modern.Namun penggunaan istilah modernisasi banyak disalahartikan sehingga sisi moralnya terlupakan. Banyak orang yang menganggap modernisasi hanya sebatas pada suatu kebebasan yang bersifat keduniawian.Sehingga banyak masyarakat yang salah melangkah dalam menyikapi atau memahami tentang modernisasi

Modernisasi dapat terjadi apabila ada syarat-syarat berikut ini.

  1. Cara berpikir yang ilmiah yang melembaga dalam kelas penguasa maupun masyarakat.
  2. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
  3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur.
  4. Penciptaan iklim yang menyenangkan dari masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  5. Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri.
  6. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.

Dampak positif modernisasi :

1.Cara berkomunikasi dan mencari informasi semakin mudah didapat,misalnya mencari informasi melalu smartphone.

2.Tidak ada batasan antar Negara,karena jalur akses untuk berkomunikasi yang semakin canggih

3.Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,dengan berkembangnya IPTEK masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas.

4.Tingkat kehidupan yang lebih baik,di bukannya industri yang memproduksi alat komunikasi dan transfortasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak negatif modernisasi :

1.Sikap individualism akan muncul karena interkasi sosial dengan sesame akan terabaikan dengan teknologi

2.Prilaku menyimpang akan mudah dilakukan dengan memanfaatkan media

3.Gaya hidup modern menjadikan prilakunanak muda banyak menghabiskan waktu untuk berfoya-foya maupun berhura-hura dan melakukan hal negatif lainnya.

4.Gaya hidup kebarat-baratan,budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua,kehidupan bebas remaja,dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s